Apa Itu CRM (Costumer Relationship Management)

Foto: Dok. Kemenhub
Isi Saldo Maxim Driver

CRM adalah usaha yang dilakukan oleh perusahaan atau unit bisnis untuk menjaga hubungan antara perusaan dan costumer agar terus berjalan dengan baik. sistem ini bertujuan untuk mendapatkan pelanggan baru, mempertahankan pelanggan dan juga membuat pelanggan menjadi loyal kepada perusaan tersebut.

Perusahaan-perusahaan besar biasanya menggunakan tool khusus untuk memanage data pelanggan yang kemudian dibuat menjadi bahan pertimbangan untuk meluncurkan produk baru, menggaet pelanggan baru dan meningkatkan profit perusahaan.

Read More

CRM bertujuan untuk menjaga hubungan baik dengan pelanggan dengan menggunakan pengumpulan data dari costumer, mencari tahu apa yang dibutuhkan oleh costumer, mencari tahu apa yang tidak disuakai oleh costumer dan sampai pada pemberian penghargaan terhadap costumer yang membuat dampak positif bagi sebuah usaha atau perusahaan.

Menurut Joko Ristono ST dalam channel Youtube Sharing CRM, ada 7 strategi CRM yang ampuh untuk menciptakan pelanggan loyal yang akan berdampak baik pada sebuah bisnis. apa saja itu, mari kita bahas.

Yang Pertama, Menciptakan Ligkaran Komunikasi. 

Menurutnya antara pelanggan dan juga kostumer harus selakukan komunikasi dan interaksi. contoh baik yang  bisa di terapkan dengan mengucapkan terima kasih kepada pelanggan, memperlihatkan kepedulian terhadap pelanggan dan hal-hal yang bisa membuat komunikasi dengan pelanggan menjadi terjaga.

Kedua, Melakukan Costumer Profiling

Langkah ini merupakan mengenali pelanggan kita, siapa saja pelanggan aktig, siapa pelanggan aktif, apa saja kebutuhannya, mereka tinggal dimana, siapa saja teman mereka dan lain sebagainya. yang tujuannya kita bisa menciptakan produk sesuai yang mereka inginkan.

Ketiga, Menggunakan Data Pelanggan

Data yang kita kumpulkan dari kegiatan profiling kita buat untuk mengambil suatu kebijakan perusahaan atau bisanis. misalnya pelanggan yang jauh bagaimana agar mereka tetap bisa dilayani, bagaimana cara memperlakukan pelanggan yang aktif dan pasif, dan bagaimana menggunakan data pelanggan untuk memberikan promo layanan dan lain sebagainya.

Ke Empat, Bertanya Kepada pelanggan Apa yang mereka butuhkan dan inginkan

Cara ini merupakan dasar bagi kita untuk mengambil suatu kebijakan bisnis dengan mengetahui apa yang pelanggan butuhkan dan apa yang pelanggan butuhkan. dengan begitu kita bisa merencanakan untuk mewujudkan keinginan pelanggan agar selalu costumer tersebut bisa selalu menjadi costumer kita.

Cara mendapatkan apa yang pelanggan inginkan bisa dengan bertanya langsung, bisa dengan memberikan quisioner atau melihat data dari prduk yang sering merekan beli.

Kelima, Mengenal Potensi Pelanggan

Setelah melakukan profiling, mengambil data-data pelanggan, mengetahui apa yang mereka inginkan dan selanjutnya adalah mengenal potensi dari setiap pelanggan. dengan mengenal dan mempelajari potensi apa saja yang ada pada pelanggan, maka atas dasar tersebut kita bisa membuat suatu program untuk kebutuhannya.

Ke Enam, Costumer knowledge

Dari sebuah informasi yang di dapatkan kita mampu menjadikannya sebagai pengetahuan baru, misalnya pelanggan yang lebih muda suka dengan produk seperti ini, pelanggan yang tingkah lakunya seperti itu suka dengan barang murah, atau pelanggan yang penampilannya seperti ini suka dengan hal yang seperti ini. dan sebagainya, sehingga dengan melihat pelanggan yang sering datang, kita sudah bisa memastikan apa yang mereka butuhkan.

Ke Tujuh, Terus menerus Menggunakan Knowledge

Yang terahir adalah kita bisa menggunakan knowledge tadi untuk mendapatkan pelanggan baru, mempertahankan pelanggan baru dan menciptakan produk atau layanan sesuai dengan yang kita dapatkan dari beberapa proses sebelumnya.

Menutrut Joko Ristono, ST itulah manfaat CRM Untuk meningkatkan valuasi dari bisnis kita. Jadi bagaimana sahabat Asalngopi? sudah taukan apa itu CRM dan manfaatnya bagi bisnis? semoga artikel ini mermanfaat.

Mau Bisnismu dimuat disini?
Bagi anda yang ingin mendapatkan review dari asalngopi.com bisa menghubungi kontak kami. dapatkan benefit bisnis anda muncul di halaman google. Kontak administrator Klik Disini.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *