Apa Arti 5W + 1H

Isi Saldo Maxim Driver

Bagi para penulis berita baik itu media cetak, elektronik, website, blog pribadi, podcast dan lain-lain tentu tidak asing lagi dengan istilah 5W+1H begitupun syarat untuk membuat tulisan di website ini harus mempertimbangkan unsur 5W dan 1H agar tulisan dapat dipahami dengan baik dan benar.

Penyusunan kalimat yang menggunakan Unsur 5W+1H akan memberikan content yang menarik untuk disimak, pembaca akan mengerti alur yang di tulis oleh pewarta karena topik yang dikemmbangkan oleh penulis merangkum sebuah kejadian yang pada ahirnya membuahkan 1 kesimpulan.

Read More

5W + 1H adalah tehnik dasar penulisan yang berasal dari kata yang berbahasa inggris yaitu 5 kata W (What / apa, Who / siapa, When / kapan ,Why / why , dan where/ dimana). sedangkan 1H yang berati How / bagaimana). Kalimat ini sangat sering kita dengarkan pada di acara 4 Mata yang dibawakan oleh naja shihab.

Rumus 5W + 1 H adalah rumus dasar yang digunakan untuk menggali sebuah berita baik itu berupa pertanyaan ke narasumber, atau mencari sendiri jawabannya secara langsung ke tempat kejadian. rumus tersebut kemudian di kembangkan menjadi banyak sekali pertanyaan dan membutuhkan sebuah jawaban yang menyeluruh.

Mari Kita bahas satu persatu dari istilah tersebut

What (apa)

APA merupakah sebuah pertanyaan untuk mengetahui apa yang sedang terjadi, apa yang sedang berlangsung, apa yang sedang dikerjakan, atau apa yang membuat sebuah sesuatu bisa terjadi dan lain sebagainya. dari pertanyaan APA saja bisa menjadi satu laimat yang panjang dan penjelasan yang panjang.

Who (Siapa)

Pertanyaan (siapa) ini akan menggali subyek yang berkaitan dengan sebuah masalah, subyek yang membuat suatu hal bisa terjadi dan subyek yang bisa bisa menyelesaikan sebuah masalah dan lain-lain. pertanyaan ini akan tergantung dari topik yang sedang di bahas. sebagai contoh topiknya berupa kerusuhan di ukraina, yang jadi pertanyaannya siapa saja yang terlibat dalam kerusuhan di ukraina, atau siapa pemicu dari kerusuhan di ukraina.

When / Kapan

Merupakan pertanyaan kapan terjadi sebuah kejadian, misalnya contoh di atas mengenai konflik di ukraina, kapan kerusuhan itu terjadi. jabannya bisa berbentuk tahun, waktu, hari, bulan ataupun jam.

Why / Mengapa

Pertanyaan (mengapa) akan menghasilkan jawaban berupa alasan sebuag peristiwa terjadi. sebagai contoh topiknya adalah hp meledak saat lagi di charger. pertanyaan yang bisa diajukan adalah mengapa hp tersebut bisa meledak. pertanaan why tentunya juga bisa dikembangkan dengan banyak pertanyaan lain tergantung topik yang saat itu sedang di bahas atau diteliti.

Where / Dimana

Pertanyaan Dimana membutuhkan jawaban berupa tempat kejadian berlangsung, subjeknya bisa banyak sekali, bisa jawabannya berupa tempat, bisa berupa mimpi, bisa berupa alamat, bisa berupa aplikasi atau bisa berupa website. tergantung dari topik yang dibahas.

How/ Bagaimana

Sebuah pertanyaan yang bisa menyimpulkan bagaimana peristiwa bisa terjadi, berisi alur cerita yang jawabannya bisa sangat panjang. berbeda dengan (who /siapa) yang mungkin jawabannya bisa singkat. tapi pertanyaan bagaimana akan bertumpu pada proses kejadian subuah topi bisa berlangsung.

Dengan menggunakan rumus 5W + 1 H dapat membuat sebuah berita atau masalah yang terjadi bisa mendapatkan jwaban yang relevan sehingga dari hasil pertanyaan atau infestigasi akan mendapatkan kesimpulan yang bisa dijadikan sebagai rujukan untuk jalan keluar dari sebuah masalah.

Mau Bisnismu dimuat disini?
Bagi anda yang ingin mendapatkan review dari asalngopi.com bisa menghubungi kontak kami. dapatkan benefit bisnis anda muncul di halaman google. Kontak administrator Klik Disini.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *